Minggu, 25 April 2010

PENYAKIT MAAG – LAMBUNG
Februari 23, 2010 — wahyoutube

Penyakit maag disebut juga dengan penyakit lambung, diakibatkan karena kelalaian seseorang dalam hal makanan atau dalam hal mengatur makan, bisa juga karena tidaknya lumatnya makanan yang dikunyah, terlalu berlebih dalam mengkonsumsi makanan yang pedas dan asam. Oleh karena itu dapat mengakibatkan perut bagian atas terasa mual serta perih, terutama jika perut kita sedang kosong atau terlalu banyak berisi.

CARA PERAWATANNYA :
Sambil diberi pengobatan yang continue atau rutin, penderita harus membatasi makan, akan tetapi harus sering mungkin makan, umpamanya setiap jam makan-makanan yang lunak atau bisa juga dengan biscuit. Apabila terasa mual pada ulu hati maka segeralah kompres dengan air hangat.

PERINGATAN :
Dilarang memakan makanan yang panas, asam, pedas, dan juga dilarang memakan makanan jenis kangkung, nangka, nanas, semangka, serta dilarang meminum kopi, minuman keras dan yang rasanya asam. Perbanyaklah mengkonsumsi pepaya, pisang ambon, cincau, selosih serta agar-agar (yang lembek).

CARA PENGOBATANNYA :
1/2 Sdm jintan ditambah 1/2 ibu jari kencur ditumbuk hingga halus, kemudian seduh dengan air mendidih 3/4 gelas, dan diminumkan setelah makan.
Jika penderita mempunyai gejala mengeluarkan darah, maka segera tidurkan dan jangan sampai bergerak, beri air susu ditambah air tajin, beri makan bubur halus dan encer, dan juga beri sari kacang hijau, kesemuanya jangan dimakan panas-panas, kemudian kompres ulu hatinya dengan air dingin (es), istirahatlah selama sekurang-kurangnya 1 sampai 2 minggu.
Ditulis dalam Obat Tradisional Herbal. Tag: Obat Tradisional untuk MAAG. Tinggalkan sebuah komentar »

0 komentar:

Posting Komentar